Blogger Template by Blogcrowds

.

Perjuangan Smanti

Duuh, pengen posting susah banget... Untung sekarang bisa nge posting, sampe ada yang ngancem-ngancem segala lagi... Pengen posting kemaren tapi cuaca gak mendukung... Internetnya jadi diputus aja... /sob2 Ok, sekarang saya nge posting soal Smanti. Tau kan? Sekolah Menengah Atas Negeri 3 Bogor yang letaknya di deket LIA pakuan. Yah, pokoknya di Pakuan.

Karena saya gak mau nulis panjang-panjang, saya langsung aja ke hari pertama Tes Ujian Masuknya. Tes ini terbagi dua, tes tertulis, dan tes lisan. Mengenai tanggal, sebenernya dulu tertulis Tes Akademik mulai dari tanggal 10-12 Mei 2010. Sehari sebelumnya, eeeh terjadi perubahan jadwal. Dari yang tanggal 10-12 Mei, menjadi 10, 12 dan 14 Mei 2010. Alasan kenapa diganti jadwalnya bisa diliat di web Smantiboo nya langsung.

Hari pertama tes akademik, begitu bel berbunyi kami (para calon murid smanti) nunggu di luar kelas. Begitu ada guru masuk, baru dipanggil satu-satu masuk ke dalem dengan nunjukin kartu peserta yang dulu udah dibagiin. Saya dipanggilnya hampir paling akhir... Dan lagi... Tempat duduknya ternyata berada di paling depan di paling pojok persis di deket pintu. Aaah... Lokasi yang sama kayak lokasi pas UN dulu. Korsinya pada dinaekin ke atas meja. Saya turunin korsinya, trus duduk dan tanpa nyadar megang meja. Weleh apaan nih? Berdebu? Lumayan tebel lagi... Ini kelas udah disiapin dari kapan? Ragnarok Emote Oh iya, karena saya dapet di kelas RSBI, ruangannya ber-AC, mejanya udah kayak meja komputer, korsinya udah bukan korsi kayu lagi, tapi korsi yang ada busanya itu lho. Kasian... Karena kebanyakan yang daftar, tempat pelaksanaan dibagi jadi 2, di Smantinya sama di PGRI 1. Kasian tuh yang di PGRI 1 beda banget kelasnya... /e5

Mengenai tesnya, jujur, saya banyak gak bisa! Ada sih yang bisa, tapi kebanyakan gak bisa... Ada essay-nya lagi! Iri saya sama sma-sma laen, gak ada essay, pilihan ganda semua... Yang saya kaget, ketika saya gak sengaja ngeliat ke orang di sebelah saya yang lagi nulis essay, saya yang ngisi cuman di satu halaman trus pendek-pendek, orang di sebelah saya itu nulisnya udah kayak nulis cerita aja. Perparagraf-paragraf... Gilee... Nulis apaan yah dia... Kalo ada yang nanya "Yang paling susah mata pelajaran apa?" Bagi saya semuanya! Matematika, IPA, Bahasa Inggris, dan apalagi IPS! e1.gif image by forsakendoll

Emm, kalo Bahasa Indonesia sih sebenernya gak susah-susah amat... Waktu ngerjain, saya kira lama waktunya 2 jam, mulai dari jam setengah sebelas, jadi saya kira selesainya jam setengah satu. Begitu mau jam 12, gurunya ngomong "Yak yang sudah selesai dikumpulkan." Kumupilin? Bukannya setengah jam lagi? "Waktunya tinggal 5 menit lagi." Hah!? Saya langsung buru-buru ngeliat cover soalnya dan ternyata bener selesainya jam 12! Oh tidak! Dengan kecepatan jari saya menulis soal yang tentang pembukaan pidato dengan cepat dan ngasal.... Untung selesai /sigh.

Tentang yang ngawas... Euh bagi saya aneh-aneh (meski tidak seaneh saya). Di pelajaran Bahasa Indonesia (lagi) yang diadakan setelah istirahat itu, setelah bel berbunyi, tanda istirahat selesai kami (calon siswa smanti) semua masuk ke dalem kelas. Trus ada guru di depan pintu ngomong "Hee, Siapa yang nyuruh masuk?" Semuanya pada diem... Saya keceplosan ngomong "Bel Bu." Ibunya langsung nyuruh murid sekelas keluar, trus dipanggil satu-satu menurut nomor. Kartu pesertanya diliatin, trus wajah muridnya juga diliatin... "Yah takutnya foto sama orangnya gak sama." Hee... Oh iya, ada guru tapi saya lupa yang mana, dia gak seketat guru yang laen. Gak pake nunggu dipanggil satu-satu baru masuk kelas. Begitu soal udah selese dibagiin, gurunya diri di depan AC. Dieem aja disitu... Rupanya dia lagi ngadem... swt.gif

Ok, langsung aja ke tes speaking. Di tes speaking saya berhadapan dengan guru yang menurut saya agak jutek gitu. Kira-kira saya ditanyain seperti ini (tapi saya translate ke bahasa Indonesia, sebenernya sih ngomongnya pake bahasa Inggris). "Boleh saya tahu siapa nama lengkap kamu?" Isfari... "Jadi saya bisa memanggilmu apa?" Ya banyak, bisa isfari, bisa fari, bisa isfa (ngomong make emosi gara-gara gugup). "Jadi saya harus memanggil apa?" Emm, Isfa aja. "Isfa seperti nama penyakit.. tau kan 'Infeksi Saluran Pernafasan' " Errghh... "Ok then i call you ari." (Jih ujug-ujug). Kata orang-orang yang masuk sebelumnya katanya pada ditanyain tentang global warming... Saya bingung kalo ditanyain begitu saya jawab apa ya...

Ternyata pas digiliran saya, saya ditanyain facebook~ Uwooh saya langsung seneng. Tapi cuman ditanya dampak positif sama negatid sih... Hampir saya nyebut ninja saga, gak kesebut sih... Kalo kesebut bisa menyombongkan diri saya. Trus saya juga ditanyain tentang sekolah... Saya ngomongnya lancara gak kaku tapi make emosi, jadi kayak nyolot gitu... Kayaknya gurunya terpengaruh. Waktu nanya sesuatu tentang "Language Labroratory" tiba-tiba omongannya langsung cepet tidak tertangkap oleh saya yang cuman bisa bengong. Ketika di akhir dia ngomong, saya cuman geleng-geleng kepala. "In second grade?" geleng-geleng "Third grade?" geleng-geleng "Ooh poor you..." Arrgh...

Ya, setelah 2 tes akademis dan speaking itu, saya nunggu sekitar 1 minggu... Menunggu hasil yang diumumkan tanggal 22 Mei. Begitu udah hari-H nya saya dateng ke Smanti bareng Abah. Ada sekitar 2 meja di tempat yang saya sebut "lorong" lalu saya ngeliat orang-orang pada nyodorin kartu peserta. Masya Allah! Gak dibawa! Emm, tapi saya ngeliat situasi dulu... Ada aja tuh orang tua yang ngambil suratnya tanpa nunjukin kartu peserta, cuman bilang nomor pesertanya, trus tanda tangan. Emm, yaudah saya ikutin, eh rupanya bisa, bagus deh. Anehnya saya gak ngerasa tengang. Abis gimana ya... Saya udah pesimis aja gak keterima, jadi gak keterima juga saya biasa aja. Tapi saya ngeliat ada beberapa anak yang nangis lalu ditegur sama temennya. Waduh, kan malah jadi gugup!
Ragnarok   Emote

Begitu surat saya robek, keluarlah dua buah kertas. "Wah 2 kertas udah itu mah keterima, selamat ya~" Kata temen smp saya yang ngeliat. Saya ngebuka salah satu kertas, dan langsung terliat tulisan di-bold dan di-underlined nongol gede sendiri "DITERIMA" Alhamdulillah ya Allah~! Haduuh... Saya seneng tapi gak seneng-seneng amat... Gara-gara udah yakin gak diterima kali ya... Wah, ternyata Abah juga masuk, begitu juga Anshori. Hehe, jadi ada temen di Smanti. Besoknya saya ngeliat di sekolah lembaran yang keterima di sekolah RSBI. Yang saya inget, yang keterima di SMA 3 ada 40 orang! Ditambah 1 orang keterima lewat jalur prestasi. Dari sekitar 110an anak yang keterima 40 orang... Lumayan lah...

0 komentar:

Posting Komentar

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda